Senin, 10 Desember 2012

konsep-konsep dasar perkembangan remaja


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Dalam makalah ini dibahas konsep-konsep dasar tentang perkembangan yang perlu dipahami oleh mahasiswa agar lebih mudah memahami uraian-uraian tentang perkembangan sebagai individu pada umumnya. Oleh karena itu, konsep-konsep tentang perkembangan manusia berlaku juga pada individu yang disebut remaja itu. Konsep-konsep dasar mengenai perkembngan ini dibahas dengan harapan agar mahasiswa calon guru dapat memahami remaja sebagi individu atau manusia biasa.
Konsep-konsep perkembangan dianggap perlu dipahami oleh mahasiswa adalah  mengenai pengertian perkembangan,pertumbuhan, cirri-ciri khas remaja yang sedang berkembang, prinsip-prinsip perkembangan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian perkembangan dan pertumbuhan
2.      Apakah cirri-ciri khas remaja yang sedang berkembang
3.      Apakah prinsip-prinsip perkembangan

C.     Tujuan
1.      Menjelaskan pengertian perkembangan dan pertumbuhan yang dialami remaja.
2.      Menjelaskan ciri-ciri khas remaja yang sedang berkembang.
3.      Menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan yang berlangsung pada diri remaja sebagai individu yang sedang berkembang.


BAB II
KONSEP-KONSEP DASAR PERKEMBANGAN REMAJA
A.    Pengertian perkembangan dan pertumbuhan
1.      Pengertian perkembangan
Banyak pakar yang merumuskan pengetian perkembangan dengan pngertian dasar yang sama yaitu suatu proses perubahan dalam diri individu yang bersifat kualitatif atau utnuk fungsi psikologis yang berlangsung secara terus menerus kearah yang lebih baik/progresif yang disebut kematangan.
Dari defenisi diatas dapat dipahami bahwa perkembangan mengandung arti sbb.
a.       Perubahan fungsi psikologis atau perubahan bersifat kualitatif, artinya perubahan dapat dilihat dari kemampuan bertingkah laku lebih matang, baik tingkah laku social, emosional, moral maupun intelektual.
b.      Perubahan itu merupakan proses yang berkesinambungan dan terus menerus.
c.       Perubahan yang mengarah pada pencapaian kematangan.
2.      Pengertian pertumbuhan
Pertubuhan adalah perubahan pada diri individu yang bersifat fisik, dan dapat diukur secara kuantitatif, seperti perubahan tinggi badan yang dapat diukur dengan meter, perubahan berat badan yang dapat diukur dengan kilogram.

B.     Ciri-ciri Khas Remaja yang Sedang berkembang
Cirri-ciri remaja yang sedang berkembang cenderung digambarkan sebagai pemunculan tingkah laku yang negative, seperti suka melawan, gelisah, periode badai dan tekanan, tidak stabil, dan berbagai label buruk lainnya. Pendapat seperti ini cenderung dikemukan oleh orang-orang yang memahami perubahan tingkah laku remaja dari kaca mata atau pandangan negative kerana orang-orang itu kurang memahami apa yang sebenarnya terjadi pada remaja yang sedang berkembang.
Menurut McCandles, 1970; Dusek,  1977;  Bezonsky,  1981, remaja memperlihatkan tingkah laku negative karena lingkungan yang tidak memperlakukan mereka sesuai dengan tuntutan atau  kebutuhan perkembangan mereka.
Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa tingkah laku negative bukan merupakan cirri perkembangan remaja  yang normal, tetapi remaja yang berkembang memperlihatkan kemampuan bertingkah laku yang positif.
Menurut Blair & jones, 1964; Ramsey, 1967; Mead, 1970; Dusek, 1977; Bezonsky, 1981; sejumlah cirri khas perkembangan remaja sebagi berikut:
1.      Remaja mngalami perubahan fisik ( pertumbuhan) paling pesat, dibngdingkan dengan periode perkembangan sebelum maupun sesudahnya.
2.      Mempunyai energy yang berlimpah secara fisik dan psikis yang mendorong mereka utuk berprestasi dan beraktifitas.
3.      Perhatian mereka lebih terarah kepada teman sebaya dan secara berangsur melepaskan diri dari keterikatan dengan keluarga.
4.      Remeja memiliki keterkaitan yang kuat dengan lawan jenis.
5.      Periode idealis. Periode masa remaja merupakan periode terbentuknya keyakinan tentang kebenaran, keagamaan, dan kebijaksanaan yang benar terjadi dimasyarakat.
6.      Menunjukkan kemandirian. Remaja menunjukkan keinginan untuk mengambil keputusan tentang diri mereka sendiri.
7.      Berada pad periode transisi antara kehidupan masa kanak-kanak dan kehidupan orang dewasa.
8.      Pencarian identitas diri. Pencarian identitas diri merupakan suatu ke khasan perkembngan remaja untuk mengatasi periode teranssisi.

C.     Prinsip-prinsip perkembangan
Prinsip-prinsip perkembangan remaja adalah suatu kondisi yang berlangsung selama proses perkembangan berlangsung. Prinsip-prinsip perkembangan ini berlaku juga pada perkembangan semua orang dlam berbagai periode perkembangan.
Prinsip-prinsip perkembangan itu adalah sbb:
1.      Prinsip kematangan
Taraf kematangan kognitif, social, dan emosional, serta moral akan mempengaruhi prestasinya dalam sekolah. Remaja yang matang secara kognitif mampu memahami konsep-konsep abstrak, seperti nilai kebenaran yang murni, menghubungkan peristiwa sekarang dengan peristiwa yang akan dating.
2.      Prinsip kesatuan organisasi
Prinsip ini berbunyi bahwa anak merupakan suatu kesatuan antara fisik dan psikis dan kesatuan komponen dari kedua unsure tersebut. Perkembangan aspek fisik atau psikis berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi.
3.      Prinsip tempo dan irama perkembangan
Prinsip ini menyatakan bahwa remaja berkembang dengan tempo dan irama perkembangan sendiri-sendiri. Setiap remaja memiliki tempo dan irama perkembangan yang berbeda dengan remaja yang lain
4.      Prinsip kesamaan pola
Prinsip ini mempunyai beberapa implikasi dalam pelaksanaan pendidikan, yaitu sebagai berikut:
a.       Pada umumnya pendidikan dapat dilaksanakan secara klasikal terhadap remaja yang berumur kronologis sama.
b.      Dapat dilaksanakan keseragaman pendidikan untuk anakn tingkat umur kronologis tertentu.
c.       Dapat disediakan alat permainan tertentu yang dapat digunakan dari generasi ke genarasi beriktunya untuk anak yang sebaya.
5.      Prinsip kontinuitas
Menurut prinsip kontinuitas, perkembangan berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan. Perkembangan pada periode awal mempengaruhi pencapaian perekembangan periode berikut nya.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perkembangan adalah suatu proses perubahan dalam diri invidu yang bersifat kualitatif atau untuk fungsi psikologis yang berlangsung secara terus menerus kearah yang lebih baik/progresif. Pertumbuhan adalah perubahan pada diri individu yang bersifat fisik, dan dapat diukur secara kuantitatif.
Ciri-ciri khas remaja yang sedang berkembang adalah mengalami perubahan fisik (pertumbuhan) paling pesat, mempunyai energy yang berlimpah secara fisik dan psikis yang mendorong mereka untuk berprestasi dan beraktifitas, mengarahkan perhatian pada teman sebaya dan berangsur-angsur melepaskan diri dari keterikatan dengan keluarga, memilki keterikatan yang kuat dengan lawan jenis, suatu periode yang idealis, menunjukkan kemandirian, berada dalam periode transisi antara kehidupan masa kanak-kanak dan kehidupan orang dewasa.
Prinsip-prinsip perkembngan remaja antara lain terdiri dari: kematangan, kesatuan organisasi, tempo dan dan irama perkembangan, kesamaan pola, kontinuitas.

B.     Saran
Diharapkan kepada orang tua lebih memperhatikan anak nya, dan tidak membeda-bedakan anaknya dengan anak orang lain. Karena setiap pertumbuhan dan perkembangan remaja berbeda dengan remaja lainnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar